Kamis, 01 September 2011

PENGARUH MASYARAKAT INFORMASI TERHADAP KEBUDAYAAN BANGSA


Masyarakat Informasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah masyarakat yang melakukan dan membuat kemungkinan terbaik dalam menggunakan informasi dan teknologi komunikasi baru.
Pengertian lain dari informastion society atau masyarakat informasi adalah suatu keadaan masyarakat dimana produksi, distribusi dan manipulasi suatu informasi menjadi kegiatan utama. Jadi dapat dikatakan bahwa pengolahan informasi adalah inti dari kegiatan
Pengaruhnya informasi dapat kita lihat diberbagai bidang, seperti ;
-          Dibidang teknologi
-          Dibidang Ekonomi dan bisnis
-          Dibidang layanan public
-          Dibidang kebudayaan
Dan pada artikel ini akan dihas pengaruh  dari masyarakat informasi  terhadap kebudayaan bangsa.

Ancaman  terhadap kebudayaan Nasional.
Ancaman terhadap kebudayaan Nasional masing-masing negara akan terus meningkat dan berkembang seiring  dengan kemajuan TIK ( Teknologi Informasi Komunikasi )  seperti dengan semakin luasnya jaringan internet sehingga dapat diakses diberbagai wilayah, dengan adanya TV Satellit dan jaringan informasi Internasional yang tersedia disetiap negara.

Hubungan antara masyarakat informasi dan kebudayaan
                Kebudayaan dipengaruhi oleh lingkungan fisik dan kontak dengan kebudayaan lain yang dipercepat oleh perkembangan Teknologi dan Informasi melalui komunikasi yang dilakukan oleh masyarakat. Hal-hal yang dapat memecahkan masalah atau sebagai alat untuk mencapai tujuan masyarakat merupakan sarana yang berkaitan dengan perkembangan Imu Pengetahuan dan Teknologi khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dalam kebudayaan dapat dibedakan kebudayaan eksplisit yang dapat diamati secara langsung dalam kelakuan verbal maupun nonverbal pada anggota-anggota masyarakat. Kebudayaan eksplisit misalnya kelakuan dua orang atau lebih dalam situasi normal menurut peranan masing-masing seperti dalam interaksi antara suami-istri, orang tua-anak, guru-murid, dan sebagainya. Sedangkan kebudayaan implicit misalnya kepercayaan, nilai-nilai, dan norma-norma dalam masyarakat.
                Perkembangan masyarakat informasi dan mempunyai dampak positif dan negatif terhadap kebudayaan bangsa. Di pandang sebagai dampak positif sebab dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi sebagai sarana pembelajaran kebudayaan secara cepat. Dan dianggap sebagai pembawa dampak negatif bagi kebudayaan Negara kita karena tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi memudahkan orang yang berada di luar Negara Indonesia untuk memasukkan kebudayaan-kebudayaan yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
                TIK (TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI) merupakan suatu media atau alat bantu khususnya bagi masyarakat informasi dalam melakukan aktivitas informasi yang mempermudah mengakses informasi. Dalam arti kata semakin berkembang TIK maka semakin mudah masyarakat informasi menggali informasi dalam akvitas informasi. Yang nantinya akan menimbulkan dampak baik dan dampak buruk.

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Pergeseran Kebudayaan
Sumber-sumber yang melatarbelakangi terjadinya pergeseran budaya dalam masyarakat informasi yang terletak di luar. Sebab-sebab yang bersumber dari masyarakat itu sendiri diantaranya :
  1. Bertambah atau berkurangnya penduduk yang melakukan aktivitas informasi.
  2. Adanya penemuan-penemuan baru.
  3. Munculnya informasi baru yang merubah pola piker masyarakat pribumi kearah modern
  4. Pertentangan masyarakat akan informasi yang berbeda pemikiran
  5. Terjadinya pemberontakan atau revolusi.
  6. Pengaruh kebuadayaan modern yang berkembang melalui informasi yang diterima masyarakat.
Dampak Pergeseran Budaya
1.       Hilangnya jati diri bangsa
2.       Kurangnya  kesadaran kebudayaan asli yang menjadi ciri khas bangsa
3.       Berubahnya masyarakat tradisional menjadimasyarakat modern
4.       Kurangnya pemahaman akan kebudayaan pada generasi muda.
5.       Mudahnya pencurian kebudayaan yang disebabkan kurangnya kesadaran masyrakat akan kebudayaan bangsa.

Sikap selektif masyarakat informasi terhadap kebudayaan
Kita memaklumi bahwa seringnya informasi mengenai hal negative yang masuk dalam kebudayaan yang tentunya merubah kebudayaan tradisional bangsa kita. Hal ini disebabkan adanya iming-iming kebebasan (misalnya kebebasan yang negatif) yamg bertolak belakang dengan norma-norma kebudaayan bangsa kita. Untuk itu diperlukan filter (penyaring) dengan alat, yaitu nilai-nilai Pancasila, agama, norma-norma kebudayaan, kepribadian bangsa, dan potensi Pancasila untuk dijadikan pedoman bagi masyarakat informasi dalam melakukan aktivitas dan penyebaran informasi agak dampak negative tersebut dapat dihindari.
Masyarakat informasi memiliki pola pikir yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan informasi. Tahun demi tahun banyak terjadi pergeseran kebudayaan. Apalagi para generasi muda yang hidup dalam lingkungan modern yang belum begitu paham akan kebudayaan bangsa yang membuat kesadaran mereka berkurang dan mudah terpengaruh oleh perkembangan modern. Sehingga mereka lupa akan jati diri bangsa mereka sendiri.

Penanggulangan dampak negative terhadap kebudayaan
Penanggulannya dapat diterapkan dengan cara menumbuhkan kembali kesadaran akan arti dan tujuan hidup di dunia karna, dengan kesadaran tersebut kita akan sanggup :
1)            Mengatur diri, yaitu mengikuti aturan atau pedoman yang benar
2)            Mengekang diri (mengendalikan diri), sehingga tenggang rasa, rendah hati, dan kejujuran akan terwujud dalam kehidupan ini
3)            Merasakan kenikmatan lahir dan batin yang merupakan kenikmatan hakiki, yaitu dapat berbuat baik kepada Tuhan Yang Maha Esa, maupun kepada sesama manusia.
Kesimpulan
                Dari uraian pembahasan diatas dapat  disimpulkan sebagai berikut :
  1. TIK adalah  bagian dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), yang merupakan suatu media atau alat bantu khususnya bagi masyarakat informasi dalam melakukan aktivitas informasi yang mempermudah mengakses informasi.
  2. Perkembangan TIK ini dapat menimbulkan banyak jenis dampak terhadap kehidupan masyarakat, baik berupa dampak positif maupun dampak negatif. Salah satu aspek kehidupan yang paling terpengaruh dengan perkembangan ini adalah aspek kebudayaan masyarakat yang sedikit demi sedikit mengalami pergeseran.
  3. Terdapat berbagai cara yang dapat kita gunakan untuk meminimalisir dapak negatif dari pergeseran kebudayaan, namun dampak positif yang kita dapat juga harus kita gunakan untuk mengembangkan Indonesia, sehingga tidak jauh tertinggal dibanding negara lain.
Yang artinya budaya kita tidak hilang karena  derasnya  arus  modernisasi, diantaranya yaitu dengan membuat sebuah filter (penyaring) yang paling mendasar dalam diri kita sendiri yaitu kita kembali kepada ajaran agama dan kebudayaan bangsa kita yang arti nya dari mana kita berasal. Keimanan dan ketakwaan yang teguh akan menyaring pengaruh negative yang masuk dalam kebudayaan bangsa. Hal ini harus dilakukan dan menjadi norma oleh masyarakat informasi dalam melakukan aktivitas informasi, sehingga pengaruh negative dapat dihindari dalam kebudayaan bangsa kita.
 Apalagi kaum generasi muda yg kurang paham akan kebudayaan bangsanya, perlu penanaman kebudayaan yang dilakukan dari usia dini. Agar mereka sadar akan kebuadayaan bangsa sehingga tidak terjadi pergerseran kebuadayaan yang akhirnya mengakibatkan hilangnya kebudayaan bangsa, sehingga mengaki9batkan kita hidup dilingkungan kebudayaan bangsa lain, padahal kita meliliki kebudayaan sendiri yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dahulu dan mesti kita lestarikan dan di jaga sampai generasi berikutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More